Tips Mencuci Hijab Yang Baik

Tips Mencuci Hijab Yang Baik

Bagi kalian para wanita muslimah yang sangat senang menggunakan hijab, tentunya pasti mempunyai banyak sekali koleksi hijab. Kerudung kalau di ibaratkan itu seperti rambut yang perlu di bersihkan dan di tata, karena bila hijab terlihat kotor atau berantakan tentu bisa membuat penampilan kalian kurang enak dipandang. Maka dari itu menggunakan hijab yang bersih itu membuat rasa percaya diri kalian nambah. Untuk itu hijab adalah salah satu harta yang sangat berharga yang harus dirawat dengan baik. Akan tetapi hal ini sering kali disepelekan oleh para wanita muslimah dalam hal mencuci hijabnya, biasanya dilakukan asal-asalan, yang penting dicuci. Sebenarnya tidak boleh begitu, hijab juga perlu di cuci dengan baik supaya menjadi bersih dan baunya juga wangi. Jika kalian merasa hijab yang kalian sering rusak , kalian perlu memperhatikan lagi saat mencucinya, mungkin ada yang salah dari cara pencucianya.

Banyak sekali bahan, warna maupun motif hijab yang bermacam-macam. Hal ini jug dapat kalian jadikan ide terbaik dalam teknik pencucian hijab yang benar dan baik. Karena setiap jenis bahan memiliki teknik pencuciannya yang berbeda-beda, serta setiap bahan memiliki mutu dan kualitas yang berbeda-beda juga. Sehingga jika kalia ingin tetap membuat koleksi hijab kalian menjadi awet dan dapat dipakai dalam waktu yang cukup lama, yuk lakukan teknik mencuci hijab yang baik dan benar.

 

Berikut Tips Mencuci Hijab Yang Baik Dan Benar :

  1. Lebih Baik Jangan menggunakan mesin cuci

Menggunakan mesin cuci itu memang terasa praktis dan efisien, akan tetapi agar kualitas hijab tetap terjaga maka hindarilah mengguakan mesin cuci. Dsini kalian dapat mencuci secara manual.

  1. Hindari Penggunaan Deterjen

Penggunaan deterjen memang dapat membersihkan noda-noda serta kotoran  membandel pada pakaian kalian. Akan tetapi lain halnya dengan hijab, karena ketika hijab terkena deterjen dapat merusak serat-serat halus yang terdapat pada bahan. Pengganti detejen kalian bisa menggunakan shampoo atau sabun mandi untuk proses pencuciannya. Cara-cara ini juga bisa kalian lakukan pada hijab model paris.

  1. Merendam Hijab Sebelum Dicuci

Setelah kalian sudah melakukan pemisahan hijab sesuai dengan warnanya, setelah itu lanjutkan kembali dengan teknik merendam hijab, hal ini berguna untuk memaksimlakan hasil cucian kalian. Lakukan perendaman selama 15-20  menitan.

  1. Mencuci Hijab Secara Manual Menggunakan Tangan

Cucilah hijab dengan tangan dengan cara dikucek, namun hal ini yang hrus kalian ketahui adalah ketika mau mencucui hijab yaitu jangan mengucek hijab dengan kekuatan tinggi, karena akan merusak bahan dan akan meningglakan bekas kusut pada bahan.

  1. Proses Menjemur

Ketika proses menjemur, kalian dapat menggunakan hanger atau gantungan pakaian. Akan tetapi sebaiknya hindari penggunaan jepitan, karena ketika menggunakan jepitan akan meninggalkan bekas kerutan ketika hijab sudah kering sehingga hal tersebut juga termasuk salah satu hal yang dapat merusak kondisi hijab.

  1. Proses Setrika

Ketika sudah melakukan beberapa proses pencucian diatas, kalian dapat melanjutkan proses untuk merapikan hijab. Kalian dapat merapikan hijab dengan cara menyetrika, akan tetapi tidak semua jenis hijab dapat di setrika sehingga kalian harus memilih dan memisahkan hijab yang akan kalian setrika dan tidak. Untuk bahan hijab yang tidak dapat di setrika, kalian dapat menggantungnya dengan rapi supaya hijab tidak terlihat kusut.

Nah, itulah tips-tips dari Area Muslim yang harus kalian lakukan dalam mencuci hijab yang baik dan benar. Semoga artikel ini sangat bermanfaat buat kalian semua, kami dari Area Muslim mengucapkan terima kasih kepada kalian semua yang sudah berkunjung membaca artikel-artikel dari kami.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *